Sabtu, 07 Agustus 2010

Reinkarnasi

Reinkarnasi (dari bahasa Latin untuk "lahir kembali" atau "kelahiran semula") atau t(um)itis. Kelahiran kembali adalah suatu proses penerusan kelahiran di kehidupan sebelumnya. Hidup kembali ke bumi ini tapi sebenarnya orang2 masih belum tau dengan pasti gimana sih reinkarnasi itu.......
kalian yang saat ini menjadi manusia adalah manusia yang sudah bebas dari kesalahan sebab ketika kita kembali menjadi manusia maka kita adalah manusia yang baru gak ada penebusan dosa lalu dimanakah penebusan dosa itu.....
penebusan dosa terjadi ketika anda yang sudah mati terlahir kembali menjadi mahluk yang bukan manusia selama itulah maka kehidupan anda bisa diibaratkan hidup didalam neraka untung2 jika jadi hewan ato tumbuhan susahnya kalo terlahir kembali menjadi batu2an
Merujuk kepada kepercayaan bahwa seseorang itu akan mati dan dilahirkan kembali dalam bentuk kehidupan lain. Yang dilahirkan itu bukanlah wujud fisik sebagaimana keberadaan kita saat ini. Yang lahir kembali itu adalah jiwa orang tersebut yang kemudian mengambil wujud tertentu sesuai dengan hasil pebuatannya terdahulu.
Terdapat dua aliran utama yaitu pertama,mereka yang mempercayai bahwa manusia akan terus menerus lahir kembali. Kedua,mereka yang mempercayai bahwa manusia akan berhenti lahir semula pada suatu ketika apabila mereka melakukan kebaikan yang mencukupi atau apabila mendapat kesadaran agung (Nirvana) atau menyatu dengan Tuhan (moksha). Agama Hindu menganut aliran yang kedua.  
PUNARBHAWA / SAMSARA (Keyakinan terhadap penjelmaan kembali).
Kata punarbhawa terdiri dari dua kata Sanskerta yaitu "punar" (lagi) dan "bhawa" (menjelma). Jadi Punarbhawa ialah keyakinan terhadap kelahiran yang berulang- ulang yang disebut juga penitisan atau samsara. Dalam Pustaka suci Weda tersebut dinyatakan bahwa penjelmaan jiwatman berulang- ulang di dunia ini atau di dunia yang lebih tinggi disebut samsara. Kelahirannya yang berulang- ulang ini membawa akibat suka dan duka.

Punarbhawa atau samsara terjadi oleh karena jiwatman masih dipengaruhi oleh Wisaya dan Awidya sehingga kematiannya akan diikuti oleh kelahiran kembali.

Dalam Bhagavad-Gita Sang Krisna berkata:

Wahai Arjuna, kamu dan Aku telah lahir berulang- ulang sebelum ini, hanya Aku yang tahu sedangkan kamu tidak, kelahiran sudah tentu akan diikuti oleh kematian dan kematian akan diikuti oleh kelahiran.

Segala perbuatan ini menyebabkan adanya bekas (wasana) pada jiwatma. Bekas- bekas perbuatan (karma wasana) itu ada bermacam- macam, jika yang melekat bekas- bekas keduniawian maka jiwatman akan lebih cenderung dan gampang ditarik oleh hal- hal keduniawian sehingga jiwatman itu lahir kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar