Sabtu, 07 Agustus 2010

Apakah Agama Selalu Identik Dengan Simbol?


Setiap agama yang hadir di muka bumi,selalu mengalami pergumulan dengan budaya-budaya yang telah lebih dulu ada,dari persentuhan dan persinggungan itu akan muncul sebuah agama yang tidak lagi asli,karenanya akan mucul pihak-pihak yang bertujuan untuk mengembalikan lagi agama seperti seharusnya,mereka ini terkadang terlalu bersemangat sehingga tidak jarang sering terjadi konflik antara pihak yang sudah nyaman dengan keadaan agama sekarang dengan pihak-pihak yang menganggap ada yang perlu di luruskan dengan agama ini.
Selain masalah keorisinilan ternyata ada juga masalah agama yang akan senantiasa menarik untuk di kaji yaitu soal simbol,setiap agama ternyata memiliki simbol dan biasanya hanya dengan melihat simbolnya kita sudah langsung tahu agama apa yang di anut seseorang.
mereka yang mengaku berpendidikan sering mengatakan janganlah terpaku dengan simbol-simbol,karena sering orang terjebak hanya dalam tataran simbol,bagi mereka simbol tidak penting yang seharusnya di lakukan adalah mempraktekan ajaran-ajaran universal agama seperti keadilan,kesejahteraan,dan memberantas kebodohan.
percuma berteriak-teriak dengan menggunakan simbol-simbol agama,yang mestinya di lakukan adalah bagaimana nilai-nilai agama bisa menjadi jiwa di dalam dada-dada anak manusia,bisa jadi penampilan mereka sangat”preman”tapi ternyata mereka bisa lebih bermamfaat di masyarakat di bandingkan dengan orang-orang yang tenggelam dalam simbol agama tapi hanya sibuk memperkaya diri sendiri.
jadi bagaimana seharusnya kita menyikapi simbol-simbol agama,terlebih dahulu kita harus tahu apakah sesuatu itu memang simbol agama atawa simbol-simbolan,karena  ketika berbicara agama maka kita akan mamasuki area penafsiran yang pasti tidak akan sama,antara satu pihak dengan pihak yang lain.
karenanya  simbol-simbol agama, apapun itu,haruslah kita pahami dengan menggunakan banyak pendekatan,tidak bisa hanya dengan menggunakan satu pendekatan saja,karena sekali lagi hal ini tidak hanya  menyangkut  persoalan yang murni agama tetapi juga ada unsur budaya,politik,di dalamnya.
turut campurnya politik di dalam penyebaran sebuah agama sudah menjadi rahasia umum,ketika umat suatu agama berlawanan dengan penguasa maka umat beragama akan selalu menjadi bulan-bulanan penguasa,begitu juga sebaliknya ketika sebuah agama menjadi agama resmi sebuah kekuasaan maka agama itu akan begitu cepat tersebar.
penguasa yang pintar akan selalu bisa menggunakan agama untuk memobilasi kekuatan,sentimen keagamaan yang di campur dengan semangat membela negara adalah sebuah racikan yang akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa,untuk itu semua mereka membutuhkan simbol,maka berlomba-lombalah para cerdik pandai memciptakan simbol-simbol,
bisa jadi simbol yang kita yakini sekarang sebagai simbol agama adalah simbol yang di buat oleh para cerdik pandai jaman baheula,namun karena kita kurang wawasan mengenai hal ini,kita tetap saja bersikukuh mempertahankan simbol itu,padahal keyakinan terhadap simbol bukanlah termasuk ke dalam rukun imam,sehingga seandainya kita tidak yakin sebuah simbol adalah simbol agama,tidaklah otomatis imam kita copot.hehehe.
para agamawan juga terkadang sering tidak mau terbuka secara terus terang,sebenarnya simbol ini simbol agama atawa simbolon adiknya simatupang hehehe.karena itu sebagai seorang yang mengaku berpendidikan,tidak ada salahnya kita kembali mempertanyakan mengenai simbol-simbol agama kepada pihak-pihak yang memilki otoritas keilmuan yang memadai.terutama kepada ahli sejarah-sejarah agama atawa kepada pakar simbol,ada sebuah novel bagus mengenai simbol ini,hehehe saya kira anda-anda sudah tahu semua,
salah satu fungsi simbol adalah pemersatu,sehingga bagi umat agama tertentu,mereka merasa bersatu karena dengan adanya simbol itu,ada juga fungsi simbol sebagai pembeda,kalau kita melihat seseorang menggunakan simbol tertentu maka kita sedikitnya akan merasa berbeda dengan yang menggunakan simbol itu,betul atawa bener  ? hehehe.
negara juga ternyata membutuhkan simbol,karenanya kita mengenal burung garuda sebagai simbol burung yang gagah dan menjadi simbol bagi negara kita indonesia tercinta.kalau kita di tanya  siapa yang punya ide menjadikan burung garuda sebagai lambang negara ? belum tentu kita semua bisa jawab,apalagi kalau kita di tanya soal simbol-simbol agama. cape deh…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar